Langsung ke konten utama

Menulis Buku dari Karya Ilmiah


PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

Resume           : 6

Gelombang      : 23

Tanggal           : 28 Januari 2022

Tema               : Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Narasumber     : Noralia Purwa Yunita, M.Pd

Assalamu’alaikum Wr Wb

Cinta,,,

Saat kau mencintai seseoang maka kau akan selalu menyebut namanya

Saat namanya disebut berdebarlah hati

Menulis…

Saat semua kosa kata sudah mulai bermunculan

Maka, melalui tulisan dapat kau tuangkan

Hingga tercipta sebuah kisah

Karya…

Saat sebuah tulisan sudah tercipta maka jadilah sebuah karya

 

Sesuai dengan tema malam ini “Menulis Buku dari Karya Ilmiah”

 

Malam ini ditemani oleh moderator cantik yaitu Ibu Raliyanti, acara pun dibuka oleh Ibu Raliyanti. Seperti biasa, acara malam ini dibagi menjadi 4 bagian.

PEMBUKAAN

Narasumber malam ini adalah Ibu Noralia Purwa Yunita, M.Pd, beliau adalah seorang guru muda yang hebat , berbakat, dan memiliki segudang karya serta prestasi. Ibu Noralia mengajar di SMP Negeri 8 Semarang, beliau adalah seorang penulis dan juga blogger.

Para narasumber pelatihan belajar menulis ini ternyata rata-rata alumni dari kelas belajar menulis, termasuk Ibu Noralia.

PEMAPARAN MATERI

Karya ilmiah, sebagian besar peserta di kelas belajar ini pasti memiliki sebuah karya ilmiah. Karena pada saat di bangku kuliah, sudah pernah menyusun namanya proposal, PTK dan skripsi.

Malam ini Ibu Noralia memberikan solusi, agar karya ilmiah yang sudah pernah dibuat memberikan banyak manfaat. Salah satunya mengubah karya ilmiah tersebut menjadi buku.

Manfaat mengkonversikan karya ilmiah menjadi buku, antara lain:

1.      Dapat dibaca oleh masyarakat awam

2.      Buku dapat diperjual belikan, jadi ada keuntungan material yang diperoleh

3.      Bagi para ASN, buku dapat dijadikan publikasi ilmiah yang dapat menambah poin angka kredit

4.      Jika buku hasil konversi karya ilmiah milik kita banyak yang baca, banyak yang beli, ada kemungkinan nama kita sebagai penulis akan dikenal oleh banyak orang.

5.      Ilmu yang ada dapat tersebar bebas tanpa sekat jika sudah diubah menjadi buku.

Perbedaan format buku dan KTI

Format buku:

1.      Judul

2.      Kata pengantar

3.      Prakata

4.      Daftar isi

5.      Isi buku

6.      Daftar pustaka

7.      Sinopsis

8.      Profil penulis

Format KTI pada umumnya:

1.      Judul

2.      Lembar pengesahan

3.      Kata pengantar

4.      Halaman persembahan

5.      Daftar isi

6.      Pendahuluan

7.      Tinjauan pustaka

8.      Metode penelitian

9.      Pembahasan

10.  Kesimpulan

11.  Daftar pustka

12.  Lampiran

Cara konversi KTI menjadi buku

A.    Ubah judul

Biasanya, judul KTI menggunakan bahasa ilmiah, kaki, dan panjang. Judul buku lebih cenderung menggunakan bahasa popular santai dan singkat. Paling tidak maksimal 5-6 kata.

Contoh:

Judul Skripsi “Efektivitas metode SEM berbasis Mind Map untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa mata pelajaran kimia kelas X SMA”

Diubah menjadi judul buku “Mudah belajar sains dengan metode SEMMI”

B.     Ubah daftar isi

Bab 1 : Pendahuluan, latar belakang masalah, tujuan, manfaat, dan batasan masalah

Diubah menjadi : Why, menjelaskan pentingnya, alasan, penggunaan metode itu untuk pembelajaran sains selama ini, dll

Bab 2 : Landasan teori

Diubah menjadi : Apa, menjelaskan apa itu karakteristik, ciri khas dari metode/ media/model yang menjadi focus dari tulisan.

Bab 3: Metode penelitian

Bab 4: Hasil dan pembahasan

Bab 5 : Penutup yang berisi kesimpulan dan saran

Diubah menjadi : How, menjelaskan bagaiaman tahap pembuatan, bagaimana hasil pembuatan, bagaimana penerapannya.

 

Boleh juga mengembangkan materi dari bab 2 di KTI

Sebagai contoh bab 2 di KTI merupakan landasan teori yang berisi:

2.1 Hasil belajar

2.2 Media pembelajaran

2.3 Modul

2.4 Metode pembelajaran

2.5 Pembelajaran berbasis riset

Ketika menjadi buku dapat dibuat menjadi beberapa bab yaitu:

Sub bab 2.1 hasil belajar menjadi bab 2 buku

Bab 2 Teori belajar

2.1 Belajar

2.2 Permasalahan dalam pembelajaran

2.3 Hasil belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

 

Sub bab 2.2 media pembelajaran menjadi bab 3 buku

Bab 3 Media pembelajaran

3.1 Pengertian media

3.2 Jenis media

3.3 Manfaat media

 

Sub bab 2.3 modul menjadi bab 4 buku

Bab 4 mengenal modul

4.1 Pengertian modul

4.2 Karakteristik modul

4.3 Sistematika modul

4.4 Kelebihan modul

Dan seterusnya, hingga sub bab 2 dalam bab 2 selesai

 

C.     Berikan pengetahuan baru yang terkait dengan isu sekarang

Contoh : mind map dikaitkan dengan tuntutan pembelajaran abad 21 yang mengharuskan peserta didik memiliki kompetensi 4C yaitu, communication, collaboration, creativity, dan critical thinking.

D.    Boleh menampilkan hasil penelitian tetapi jangan terlalu banyak. Hasil yang ditulis hanya data penelitian yang penting saja

E.     Secara kebahasaan dan penyajian, karya ilmiah versi buku haruslah berbeda dengan versi laporan. Susunan dan gaya tulisan bebas karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing sesuai pengalaman dan bahan bacaan.

F.      Daftar pustaka boleh menggunakan blog namun situs blog resmi seperti kemendikbud.go.id , jurnal ilmiah, e-book, atau karya ilmiah lainnya. Namun, hindari menggunakan daftar pustaka berupa blog pribadi dengan domain blogspot, wordpress, dan lainnya.

G.    Berikan ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan penelitian yang dilakukan agar pemabaca yakin bahwa anda benar-benar telah melakukan penelitian tersebut.

H.    Karya ilmiah versi buku minimal 70 halaman format A5 dengan ukuran huruf, jenis huruf dan margin disesuaikan dengan aturan penerbit.

I.       Agar tidak dikatakan self plagiarism, sebaiknya tidak hanya sekedar copy paste KTI untuk dijadikan sebuah buku. Menulis ulang setiap kalimat yang ada, namun tidak mengubah arti atau kalimat yang ada di KTI asli.

 

Dengan demikian, pemaparan dari Ibu Noralia membuat buku dari karya ilmiah bukan hanya mengubah cover dan judul saja tetapi, mengubah sesuai aturan yang ada sehingga KTI versi buku tidak sama struktur dan isinya dengan KTI asli.

 

Sesi selanjutnya adalah tanya jawab, terdiri dari 20 pertanyaan. Kemudian, Ibu Noralia menutup pemaparan materi hari “Teruslah berkarya, teruslah menulis, dan jadikan buku sebagai muara dari tulisan-tulisan anda. Jangan khawatir tidak aka nada pembaca yang menyentuh buku anda, karena suatu karya yang dikerjakan dari hati akan sampai ke hati juga dan menyentuh hati para calon pembaca”

Karena waktu terus berjalan akhirnya acara malam ini ditutupi oleh moderator Ibu Raliyanti.

 

Terima kasih kepada Ibu Noralia atas ilmunya…

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ide Menulis Bagi Guru

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI Resume             : 1 Gelombang        : 23 Tanggal             : 17 Januari 2022 Tema                 : Ide Menulis Bagi Guru Narasumber       : Wijaya Kusumah M.Pd Assalamu’alaikum Wr Wb Di malam yang cerah ini, Alhamdulillah saya dapat mengikuti “Pelatihan Belajar Menulis PGRI” Gelombang ke 23. Puji syukur atas kesempatan dan kesehatan yang telah Allah berikan, semoga kita semua selalu diberikan sehat selalu. Aamiin... Biasanya di sore/malam hari daerah kemayoran Jakarta Pusat diguyur hujan, Alhamdulillah malam ini sangat cerah, memberikan semangat kepada saya yang luar biasa. Rasa lelah dan kantuk seketika sirna saat jari jemari mulai menari diatas keyboard notebook. Waktu mulai berlalu akhirnya sampai pada pertemua...

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

  PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI Resume           : 5 Gelombang      : 23 Tanggal           : 26 Januari 2022 Tema                : Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi Narasumber      : Aam Nurhasanah, S.Pd Assalamu’alaikum Wr Wb Saat ku rasa tulisanku mulai berkurang, kosa kata yang mulai menghilang, ku coba dan kulatih lagi memberikan semangat pada jiwa yang masih tertatih menggolah kata dan kalimat. Ku sampaikan salam ku pada penulis-penulis hebat, mereka dapat menulis kosa kata setiap harinya dengan indah. Sebagai penulis pemula, berbagai macam rasa yang dihampiri. Rasa malas, lelah, bosan, terutama tidak bergairah dengan tulisan yang itu-itu saja, dan kosa kata yang mulai habis entah harus mulai dari mana. Rasanya ingin ku mengalah, namun inilah anganku ...

Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu

  PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI Resume           : 7 Gelombang      : 23 Tanggal           : 31 Januari 2022 Tema                : Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu Narasumber      : Prof. Richardus Eko Indrajit Assalamu’alaikum Wr Wb Malam yang sangat cerah untuk mengawali aktivitas dimalam hari, terlihat beberapa bintang kerlap-kerlip memancarkan keindahan di malam yang gelap gulita. Meski dalam pembuatan resume selalu terbelakang namun, tidak memberikan patah semangat dalam membuatnya. Jiwa menulis dalam diri kian hari semakin membara, memberikan cerita dan kisah baru setiap episode pembuatannya. Malam ini, bertemu kembali dengan Ibu Aam sebagai moderator dan narasumber hebat, beliau adalah Prof. Richardus Eko Indrajit. Prof. Richardus Eko Indrajit adalah se...